UMU Online-Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Hukum Universitas Muslim Buton melaksanakan talkshow dengan tema “Selamatkan Pilkada dari Cengkraman Oligarki dan Money Politik”. Menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu Mahyudin,S.Sos.,M.Si sebagai mantan Ketua Bawaslu Kabupaten Buton Selatan periode 2018-2023, dan narasumber kedua yaitu La Januru,S.Sos.,M.IP. selaku akademisi.

Kegiatan diadakan di Kafe Universitas Muslim Buton pada hari Kamis, tanggal 25 Juli 2024 mulai pukul 20.00 – 22.00 Wita dengan dihadiri peserta mahasiswa dan dosen lingkup Universitas Muslim Buton yang dilaksanakan secara interaktif dengan lebih mengedepankan dialog antara peserta dengan narasumber maupun host dan narasumber.

Berdasarkan pernyataan dari Mahyudin,S.Sos.,M.Si mengatakan bahwa “Selama saya menjadi Ketua Bawaslu Kab.Buton Selatan memang harus diakui penanganan Money Politik masih terdapat terkendala diantaranya aturan perundang-undangan yang masih membatasi tugas Bawaslu dalam mencegah dan menangani

pelaku politik uang karena pernah kami adakan operasi tangkap tangan yang berhasil ditangkap sebanyak 2 terduga pelaku dengan total uang yang akan disebarkan sekitar Rp.7.000.000, kami sudah mempunyai barang bukti, saksi dan pelaku tetapi lagi-lagi para terduga ini harus dibebaskan karena mereka tidak memenuhi syarat ditetapkan sebagai tersangka dengan alasan mereka bukan bagian dari calon, tim kampanye atau penyelenggara sementara aturan sudah membatasi hal ini. Artinya jika masyarakat yang melakukan tidak akan bisa dijadikan tersangka kecuali masyarakat menyebarkan uang pada hari pencoblosan”.

Sedangkan La Januru,S.Sos.,M.IP mengungkapkan bahwa “sebenarnya oligarki ini tidak terlalu berbahaya, yang paling berbahaya adalah klientalisme politik karena mereka akan mendesain bahwa di suatu daerah yang berkuasa harus pihak tertentu”. Pada rezim orde lama tidak terlalu kentara tetapi jika dilihat pada rezim orde baru sudah mulai tumbuh subur, kalau kita lihat dari buku yang diterbitkan oleh Jeffrey Winters. Menurut Winters mengatakan Oligark adalah aktor yang berada di luar kekuasaan yang memiliki kekuatan untuk mengatur aktor di dalam kekuasaan”.

Talkshow ini menghasilan kesimpulan bahwa upaya meredam politik uang dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan ekonomi masyarakat serta keteladan para kandidat dalam Pilkada untuk menghindari politik uang.

Humas UMU Buton

email humas@umubuton.ac.id

Leave a Comment